BBM Masih Menjadi Tren Aplikasi Messenger di Awal 2016

JAKPAT, paltform survei online ini telah meluncurkan hasil survei mengenai tren aplikasi messenger di Indonesia. JAKPAT melibatkan 1.033 responden dari beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Ternyata banyak fakta yang mengejutkan dari hasil survei tersebut. Hasilnya adalah sebagai berikut. 

Survei Pertama – Tren Aplikasi Messenger

tren aplikasi messenger

Survei Pertama – Tren Aplikasi Messenger

Hasil pertama, survei tren aplikasi messenger di Indonesia mengungkapkan Blackberry Messenger yang sering kita dengar dengan nama BBM masih menduduki posisi puncak di hati para pengguna smartphone di Indonesia dengan angka 80,31 persen responden. Tidak mau kalah bersaing, Whatsapp berada di posisi kedua dengan angka 72,78 responden. Dan posisi ketiga adalah LINE dengan perolehan angka 71,33 persen, meskipun beberapa pekan ini aplikasi Line mendapat banyak sorotan mengenai sticker LGBT.

Hasil tersebut sedikit memberi kejutan, kita mengetahui pasalnya walau penjualan smartphone Blackberry cenderung menurun. Aplikasi BBM tetap masih banyak digunakan oleh masyarakat.

Survei Kedua (Usia) – Tren Aplikasi Messenger

tren aplikasi messenger

Survei Kedua (Usia) – Tren Aplikasi Messenger

Hasil kedua bertolok dari umur pengguna smartphone. Aplikasi messenger BBM banyak dipakai oleh pengguna smartphone berumur antara 26 sampai 29 tahun. Kemudian aplikasi messenger Whatsapp banyak dipakai oleh pengguna dengan rentang umur 30 sampai 35 tahun. Sedangkan aplikasi messenger posisi ketiga yaitu Line paling banyak dipakai oleh pengguna dengan umur antara 16 sampai 19 tahun.

Berdasarkan pernyataan-pernyataan di atas, kami menyimpulkan Whatsapp banyak digunakan oleh pengguna yang mempunyai umur “kepala tiga”. Hal itu mungkin dikarenakan Whatsapp mempunyai Graphical User Interface(GUI) atau tampilan yang sederhana dan aplikasi berjalan cepat. Kemudian untuk aplikasi messenger Line banyak dipakai oleh kalangan masyarakat paling muda/remaja. Kemungkinan besar hasil tersebut dikarenakan Line mempunyai fitur stiker di dalam aplikasinya.

Survei Ketiga (Lingkungan) – Tren Aplikasi Messenger

tren aplikasi messenger

Survei Ketiga (Lingkungan) – Tren Aplikasi Messenger

Hasil ketiga, survei berdasarkan lingkungan berkomunikasi. BBM menempati posisi pertama sebagai aplikasi messenger paling tren banyak digunakan di lingkungan sekolah, tempat kerja, dan keluarga. Kemudian di posisi kedua ada Line. Aplikasi yang mempunyai fitur yang menyenangkan seperti stiker dan mempunyai banyak sekali promosi yang disukai oleh remaja-remaja sekolah. Posisi ketiga disusul oleh Whatsapp paling banyak digunakan di lingkungan kerja dan keluarga. 

No Response