Google Android Studio 2.0 dan Perbedaannya dengan Eclipse

google android studio

Google Android Studio 2.0

Google Android Studio 2.0 merupakan IDE versi terbaru yang dibuat oleh Google, IDE ini merupakan pengembangan dari IDE sebelumnya yaitu Eclipse. Android studio ini baru dirilis tahun 2015 lalu dan langsung menjadi IDE resmi dari Google untuk proses pembuatan aplikasi berbasis android. Karena memang pengembangan, Google menghadirkan berbagai fitur baru yang lebih canggih dan versi Eclipse. Berikut beberapa fitur dari Android studio dan keunggulannya.

Fitur pertama yang paling mencolok dari Google Android Studio 2.0 adalah penggunaan Gradle-based build system yang fleksibel. Fitur berikutnya adalah Google Cloud Platform built-in support, fitur ini akan mampu memudahkan proses pengintegrasian dengan Google. Android studio juga memiliki fitur template support yang bisa digunakan untuk beberapa tipe perangkat lain dan google services, Fitur lainnya adalah Cloud Messaging dan App Engine. Android studio memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Eclipse yaitu mampu digunakan untuk mem-build multiple APK dan memiliki tampilan editor yang lebih baik dan bagus dibandingkan tampilan editor Eclipse.

Perbedaan antara Android Studio dan Eclipse yang paling terlihat adalah pada bagian Gradle. Android Studio menggunakan Gradle untuk sistem build environmennya sedangkan Eclipse tidak. Tampilan editor dari sisi visual juga jauh lebih bagus dan indah untuk Android studio dibandingkan dengan Eclipse. Perbedaan lainnya adalah jika pada Eclipse diperlukan dependencies package maka pada Android Studio fitur tersebut tidak diperlukan.  Perbedaan yang terakhir adalah jika pada Eclipse kumpulan project diberi nama Workspace, maka pada Android studio, nama tersebut diganti menjadi project.

Walaupun memiliki banyak kelebihan, Android studio juga memiliki beberapa kekurangan seperti ukurannya yang besar sehingga untuk RAM 4 GB saja tidak cukup dan sering terjadi lag. Kekurangan lainnya adalah IDE ini hanya bisa digunakan untuk membuat aplikasi berbasis Android saja sedangkan Eclipse bisa digunakan untuk membuat aplikasi berbasis lainnya.  Demikianlah sedikit ulasan mengenai Google Android Studio 2.0 beserta perbedaannya, ingin menggunakan Eclipse atau Android Studio semuanya kembali lagi kepada selera Anda masing-masing. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda mengenai perkembangan dunia android saat ini.

Download Google Android Studio 2.0

No Response